Jumat 29 May 2015 10:07 WIB

Tanyakan Ini ke Dokter Saat Anak Lahir

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Bayi baru lahir
Foto: studiodeidre
Bayi baru lahir

REPUBLIKA.CO.ID, Saat buah hati yang sudah ditunggu-tunggu selama sembilan bulan lamanya lahir, Anda pasti langsung menanyakan, jenis kelaminnya apa dok? Sebenarnya, banyak pertanyaan lain yang harus Anda tanyakan mengenai genital anak. Apa saja pertanyannya?

Ahli Urologi RS Siloam ASRI, Dr dr Irfan Wahyudi, SpU (K), menjelaskan ketika anak Anda lahir dan jenis kelaminnya laki-laki, sebaiknya Anda melakukan identifikasi genital. Hal ini penting ditanyakan selain jenis kelamin. Misalnya mengenai panjang penis, lokasi lubang kencing, bentuk penis serta ada atau tidaknya testis berada pada kantung zakar.

Tanyakan apakah ‘jagoan’ kecil Anda menunjukkan tanda-tanda kelainan genital? Ataukah kondisi kelaminnya normal?

Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan bagian dari deteksi dini kelainan genital pada anak laki-laki. Jika ditemukan ada yang tidak beres dengan alat kelamin anak Anda, segera lakukan tindak lanjut berupa pemeriksaan lebih detail dan lakukan penatalaksanaan dengan baik.

Jika hal itu belum sempat ditanyakan pada dokter, Anda juga bisa melakukan deteksi sendiri. Saat orang tua ikut memandikan anak, periksalah apakah ada kelaianan pada kelamin anak. Begitu juga saat anak menyadari ada yang berbeda mengenai alat kelaminnya, segera bawa anak ke dokter.

Dan sebelum melakukan sunat atau sirkumsisi, mintakan dokter untuk mengecek alat kelamin anak. “Deteksi dini, kepedulian dan tata laksana yang tepat penting dilakukan. Orang tua dapat berperan penting membantu identifikasi kelainan,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement