Kamis 28 May 2015 18:59 WIB

Waspada Kelainan Genital yang Sering Dialami Anak Laki-Laki

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Bayi laki-laki (ilustrasi)
Foto: Google
Bayi laki-laki (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelainan bawaan genital pada anak laki-laki merupakan kelainan yang relatif sering dijumpai. Sayangnya kelainan ini kerap kurang diperhatikan oleh masyarakat terutama oleh para orang tua anak.

Padahal, jika dibiarkan kelainan akan memberikan dampak negatif pada anak nantinya. Ahli Urologi RS Siloam ASRI, Dr dr Irfan Wahyudi, SpU (K), mengungkapkan ada banyak kelainan genital yang terjadi pada anak laki-laki sejak lahir.

Dari sekian banyak, ada beberapa kelainan genital anak laki-laki yang paling sering dialami. Terbagi dalam dua kelainan yaitu kelainan bawaan pada penis dan kelainan bawaan testis.

 

Kelainan bawaan penis diantaranya penis berukuran kecil (mikropenis), penis yang tampak kecil (inconspicuous penis) dan hipospadia. Sedangkan kelainan bawaan testis (buah zakar) diantaranya kriptorkismus atau undescensus testis (UDT).

"Kelainan bisa terjadi lebih dari satu," ujarnya kepada wartawan dalam acara Seminar Media Kenali dan Pahami Kelainan Genital pada Anak Laki-laki Sejak Dini, di Jakarta, Kamis (28/5).

Apa sih yang dimaksud dengan kelainan-kelainan genital anak laki-laki tersebut? Penasaran? Simak diartikel selanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement