Kamis 28 May 2015 08:33 WIB

Ingin Jogging Sehat? Hindari Berbicara!

Rep: C26/ Red: Winda Destiana Putri
jogging
Foto: corbis.com
jogging

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musim kemarau sudah tiba. Saat yang tepat untuk menyempatkan waktu berolahraga demi menjaga kesehatan tubuh.

Tidak perlu olahraga berat dan mahal, Anda bisa memulai dengan lari santai atau jogging. Selain tanpa mengeluarkan biaya, olahraga ini bisa dilakukan di mana saja.

Namun, sebelum memulai rutinitas untuk berjogging ada baiknya Anda melakukan beberapa tips ini. Untuk menjaga kesehatan Anda sehingga menghindari kemungkinan justru Anda sakit padahal berharap lebih bugar.

Dilansir dari Womanitely, Kamis (28/5) ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum memutuskan untuk memasukan jogging ke dalam daftar rutinitas.

Lakukan Bertahap

Jangan coba-coba langsung berlari jogging terlalu keras dan jauh. Mulailah dengan pelan-pelan dan dalam jarak yang dekat. Anda tentu tidak ingin pertama jogging justru badan tidak bisa bangun dari tempat tidur akibat sakit dan nyeri.

Disiplin Diri dan Kemauan

Mungkin saat ini jogging sedang populer. Terlebih diadakannya Car Free Day setiap hari libur. Anda perlu mengatur kedisiplinan untuk menjadikan rutinitas yang sistematis. Anda tidak aan dapatkan manfaat jika hanya sesekali melakukannya hanya karena sedang ingin.

Jangan Lupa Istirahat

Seperti poin sebelumnya, perhatikan kondisi tubuh. Saat merasa lelah, Anda wajib mengistirahatkan tubuh. Hindari juga melakukan olahraga ini terlalu sering. Ingat tubuh butuh waktu untuk istirahat.

Hindari Berbicara

Hanya pelari profesional yang bisa baik mengontrol proses bernapas dalam kondisi lari. Berbicara selama jogging justru akan mengganggu pengaturan pernapasan Anda. Justru akan lebih cepat lelah ketika jogging sambil mengobrol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement