Rabu 27 May 2015 10:32 WIB

13 Masalah yang Timbul Jika Anda Kurang Minum (1)

Rep: MG ROL 40/ Red: Hazliansyah
Minum air putih
Foto: Huffingtonpost
Minum air putih

REPUBLIKA.CO.ID, -- Air minum merupakan hal yang penting untuk tubuh. Jika tubuh kekurangan air, maka akan banyak masalah yang timbul. 

Dilansir dari laman Daily Monitor, Rabu (28/5), berikut masalah yang bisa ditimbulkan akibat kekurangan air minum:

1. Mulut kering

Air minum berfungsi melumasi selaput lendir di mulut dan tenggorokan, yang akan terus menjaga mulut tetap basah dengan air liur, setelah minum tegukan pertama. Berbeda dengan minuman manis yang hanya memberi solusi sementara untuk masalah yang lebih besar.

2. Kulit kering

Kulit merupakan organ tubuh yang harus terhidrasi. Kalau sampai mengering, berarti itu merupakan pertanda awal dehidrasi, yang dapat menyebabkan masalah lebih besar. Kurangnya air berarti kurangnya keringat, yang menyebabkan ketidakmampuan tubuh membersihkan kotoran dan minyak berlebihan, yang terakumulasi sepanjang hari. 

Maka dari itu, untuk menghindari kulit berjewarat, minumlah lebih banyak air.

3. Merasa sangat haus

Siapa pun yang pernah mabuk dapat menyampaikan bahwa setelah bangun, dia butuh minum untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuhnya. Sebab  alkohol membuat tubuh mengalami dehidrasi. 

Sama seperti ketika anda sudah merasa sangat haus, sebenarnya anda sudah mulai harus mengisi kembali kebutuhan air dalam tubuh.

4. Mata kering

Kurangnya asupan air menyebabkan mata kering dan merah. Tanpa air dalam tubuh, saluran air mata pun juga mengering.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement