Rabu 27 May 2015 07:26 WIB

Hindari Minum Kopi Pada Jam Ini

Rep: C26/ Red: Erik Purnama Putra
Pekerja sedang membuat kopi di gerai Al Azhar Peduli, Jakarta, Rabu (18/2).
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Pekerja sedang membuat kopi di gerai Al Azhar Peduli, Jakarta, Rabu (18/2).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Bangun tidur pasti banyak dari Anda langsung mencari secangkir kopi. Menikmati udara segar pagi hari sambil membaca koran terasa lengkap dengan secangkir minuman hangat berwarna hitam ini.

Namun, jika Anda terbiasa minum kopi antara pukul 08.00 hingga 09.00, maka kebiasaan tersebut harus segera diubah. Hal itu untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari minuman hitam yang berguna menahan rasa kantuk.

Menurut lembaga penelitian AsapSCIENCE, pada waktu tersebut tubuh melepaskan hormon stres dan kortisol secara otomatis. Dengan mminum kopi maka aktivitas tersebut menjadi terganggu.

Hormon kortisol memiliki efek metabolik terhadap beragam organ dan jaringan tubuh, termasuk sistem kardiovaskular, sistem saraf pusat, sistem renal dan sistem fetus. Kelebihan hormon itu akan mengakibatkan sindrom chusing.

Sindrom Cushing antara lain ditandai dengan berat badan naik, terutama di sekitar perut dan punggung bagian atas. Selain itu diikuti kelelahan yang berlebihan serta otot terasa lemah.

Seperti dilansir Metro, Rabu (27/5), idealnya untuk memaksimalkan proses kerja tubuh, Anda harus mengubah waktu menikmati kopi. Lebih disarankan untuk meneguk kopi nikmat Anda pada pukul 09.30-11.30.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement