Selasa 26 May 2015 16:40 WIB

Lima Langkah Atasi Kecanduan Gula

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Dampak dari konsumsi gula yang berlebihan tak semanis rasanya.
Foto: flickr
Dampak dari konsumsi gula yang berlebihan tak semanis rasanya.

REPUBLIKA.CO.ID, Anda mengetahui bahaya mengonsumsi gula terlalu banyak, namun mengapa terus memakannya? Mungkin sudah saatnya mengetahui bahwa Anda memang kecanduan gula.

Kathleen DesMaisons, penulis buku 'The Sugar Addict's Total Recovery Program' memiliki 20 tahun pengalaman menyembuhkan orang yang kecanduan gula. Menurutnya, hal nomor satu yang harus dilakukan adalah melakukan detoks gula dengan cara benar, dilansir dari Rodale News, Selasa (26/5).

Akui bahwa Anda sudah kecanduan gula

DesMaisons mengatakan banyak orang tidak bertekad untuk menghentikan kecanduan mengonsumsi gula berlebih. Jika Anda tak ada kemauan, maka Anda gagal.

Hindari meminum manis di awal makan

Jika di awal makan Anda sudah banyak minum atau makan makanan manis, maka Anda akan cepat merasa lapar. Sarapan dengan menu sehat yang mengandung cukup protein akan membantu Anda.

Hindari pemanis buatan

DesMaisons mengatakan jangan pernah menipu tubuh dengan menggunakan pemanis buatan. Bukan hanya karena pemanis buatan buruk bagi kesehatan Anda, namun ini juga sama sekali tak mengubah kecanduan Anda terhadap manis dan gula.

Kendalikan diri

Jika Anda duduk di meja Anda padapukul 15.00 WIB dan tiba-tiba makanan manis disajikan untuk Anda, maka Anda harus bisa mengendalikan diri. Hindari makan sebelum waktunya.

Kenali perusahaan makanan

Anda mungkin berpikir telah memilih sesuatu yang sehat, padahal sesunguhnya tidak. DesMaisons mengimbau konsumen berhati-hati dengan manajemen pemasaran produk. Jangan sampai Anda terjebak konsumsi gula yang semakin tinggi di sana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement