Ahad 24 May 2015 16:10 WIB

Ini Beras Tanpa Gula yang Cocok Bagi Penderita Diabetes

Diabetes (Ilustrasi)
Foto: Huffingtonpost
Diabetes (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Beras tanpa gula alias Besta kini hadir bagi penderita diabetes di Tanah Air. Adalah Ivan Fadilah yang  membuat inovasi beras tanpa gula dengan kandungan gilikemik indeks rendah di bawah 55 ini.

"Artinya beras ini sama sekali tak ada kandungan gulanya," kata Ivan kepada para wartawan di kawasan Senayan, Jakarta, Ahad (24/5).

Beras Besta ini diolah serius oleh Ivan dan Jay Alatas, musisi jazz, yang juga rekan bisnisnya. Ivan menceritakan untuk menemukan bibitnya saja, mereka harus melewati uji laboratorium selama dua tahun.

"Kami menguji di laboratorium IPB. Beberapa bibit beras seperti beras merah dan beras putih dikawinkan, hasilnya jadilah bibit Besta ini," kata Ivan melanjutkan.

Keunggulan lainnya menurut Ivan terletak pada rasanya. Kalau biasanya orang yang ingin sehat beralih ke beras merah karena rendah gula dan karbohidratnya. Namun, terkadang beras merah rasanya kurang nikmat. 

"Beras Besta tidak demikian, selain tak mengandung gula, rasanya pun pulen. Sama saja seperti kita makan beras putih lainnya," kata Ivan sambil berpromosi.

Untuk lahan sawah, Ivan dan Jay saat ini bekerja sama dengan para petani di Karawang, Jawa Barat. Yang unik, menurut Jay, bibit padi Besta bisa panen hampir tiga kali dalam setahun. 

Selain itu, bibit tersebut juga kuat akan perubahan iklim dan hama. "Sehingga ketika panen, hasilnya maksimal. Biasanya untuk satu hektare sawah panen sekitar lima ton, dengan bibit kami bisa mencapai tujuh ton," jelas Jay.

Tahun ini Jay menargetkan untuk mengembangkan lahan sawah hingga 1.000 hektare dari 150 hektare. "Karena permintaan akan beras ini cukup tinggi, jadi kami harus ngebut," tutupnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement