Sabtu 23 May 2015 09:00 WIB

Ingin Gigi Sehat? Hindari Hal Ini

Rep: C27/ Red: Ani Nursalikah
Gigi sehat dan senyum cantik
Foto: bostonglobe.com
Gigi sehat dan senyum cantik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apa yang anda lakukan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas harian? Menyikat gigi tentunya.

Menjaga gigi tetap bersih dan segar merupakan salah satu modal penunjang rasa percaya diri ketika berhadapan dengan orang lain. Kita tentu tidak mau terjadi keadaan di mana lawan bicara merasa tidak nyaman dengan kita.

Sayangnya, dilansir dari Body and Soul, Jumat (22/5), ada sejumlah kesalahan saat menyikat gigi yang kerap kita lakukan tanpa sadar.

Menyikat terlalu keras

Menyikat gigi dengan kuat berkaitan dengan perdarahan gusi dan bahkan kerusakan gigi.

“Plak yang menumpuk pada gigi sangat lembut dan tidak memerlukan kekerasan yang berlebihan untuk dihilangkan. Gunakan sikat yang halus dengan gerakan melingkar lembut," kata dokter gigi Alexander McEwen.

Minum soda diet

"Minuman diet sangat asam dan telah dikaitkan dengan penurunan permukaan gigi," ujar McEwen.

Meskipun minuman ringan untuk diet sedikit merusak daripada minuman ringan biasa, penelitian telah menunjukkan itu dua kali lebih adiktif dengan gula yang banyak sehingga penggemar minuman ini cenderung mengonsumsi sampai dua kali lebih banyak. Efeknya merusak bagi gigi.

Permen

"Saya telah melihat orang merusak gigi mereka dengan permen kenyal. Permen merupakan hal terburuk yang sangat pasti merusak gigi anda," kata McEwen.

Lebih buruk lagi, permen sering tidak dapat dihilangkan dari gigi dengan menyikat sehingga dapat menjadi makanan bagi bakteri.

Merokok

"Merokok memiliki konsekuensi besar pada gigi. Saya pasti merekomendasikan menghindari hal itu," kata McEwen.

Akan terjadi beberapa kerusakan pada gigi jika anda aktif merokok, seperti gigi menguning, penyakit periodontal dan bau mulut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement