Jumat 22 May 2015 22:11 WIB

Bolehkah Konsumsi Probiotik Berlebih?

Probiotik
Foto: Health
Probiotik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tubuh manusia memiliki lebih dari 100 triliun bakteri yang memungkinkannya sulit untuk overdosis terhadap probiotik atau bakteri baik.

Beberapa penelitian menunjukkan, mengonsumsi makanan berfermentasi seperti yogurt dapat membantu Anda dalam menjaga keseimbangan tubuh dengan membunuh mikroba dalam usus yang membantu pencernaan dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Setiap orang memiliki microbime yang berbeda, sehingga orang dewasa yang sehat lebih baik mengonsumsi sampai 20 miliar probiotik dari makanan atau suplemen setiap hari. Selain itu, untuk menjaga kesehatan usus Anda, mengonsumsi makanan berfermantasi tidak menjadi masalah, terutama saat Anda dalam program diet, dilansir dari laman Health, Jumat (22/5).

Jika Anda menambahkan suplemen untuk tubuh Anda, lebih baik konsumsi suplemen yang direkomendasikan dokter Anda, karena sebagian orang mengonsumsi probiotik malah mengalami masalah pencernaan, seperti kembung dan diare. Sehingga hal ini perlu diperhatikan agar Anda tidak salah memilih suplemen.

Namun, probiotik tidak diperbolehkan bagi orang yang mengalami tekanan sistem kekebalan tubuh, seperti penderita HIV dan kanker. Hal ini perlu dikonsultasikan kepada dokter sebelum mengonsumsinya agar tidak terjadi infeksi serius pada orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement