Senin 04 May 2015 09:47 WIB

Atasi Stres dengan Minum Teh

Rep: Niken Paramita/ Red: Ilham
Rutin konsumsi teh hijau cegah penuaan dini
Foto: Health
Rutin konsumsi teh hijau cegah penuaan dini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Stres bisa datang kapan saja dan dimana saja. Pemicunya pun beragam, seperti macet di jalan, deadline pekerjaan, dan masalah rumah tangga.

Jika sudah begitu, kita harus mencari cara untuk mengatasinya. Salah satunya dengan mengkonsumsi teh. Kandungan theanine dalam teh diperaya ampuh mengurangi stres dan kecemasan.

"Teh memicu stimulasi gelombang alpha, dimana kondisi otak menjadi rileks," kata psikolog keluarga dan remaja, Roslina Verauli di Jakarta, Rabu (29/4).

Saat tenang, Vera menambahkan, detak jantung menjadi teratur dan konsentrasi otak tinggi. Saat itulah kondisi yang tepat untuk memikirkan kembali penyebab stres dan mencari jalan keluarnya. Hal itu disebut dengan kondisi memurnikan kembali otak. "Emosi terkendali setelah memurnikan pikiran," ujar Vera.

Selain itu, kondisi rileks juga dipicu oleh aroma-aroma pada teh. Sementara, kadar kafeinnya yang tidak terlalu tinggi dipercaya mengembalikan semangat dalam melakukan aktivitas.

"Murnikan pikiran sejenak, istirahatkan diri. Stop kegiatan analitikal fan saat itu kita siap untuk melihat isu yang menyebabkan stres," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement