Selasa 28 Apr 2015 16:19 WIB

Cara Praktis Turunkan Berat Badan Tanpa Menghitung Kalori

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Mengambil gambar setiap makanan yang disantap bisa membantu mendokumentasikan asupan makanan yang masuk ke tubuh dan menjadi sarana mengontrol berat badan.
Foto: nutriouslife
Mengambil gambar setiap makanan yang disantap bisa membantu mendokumentasikan asupan makanan yang masuk ke tubuh dan menjadi sarana mengontrol berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Banyak orang berkeinginan menurunkan berat badan, salah satu caranya dengan menghitung kalori yang dibakar tubuh dan juga kalori yang dikonsumsi oleh tubuh. Namun cara tersebut tidak terlalu efektif untuk menghilangkan berat badan. Justru menghitung kalori membuat Anda terjebak karena tidak memperhatikan jenis kalori yang masuk ke tubuh.

Menurut American Council of Exercise (ACE), Anda perlu membakar sekitar 3.500 kalori untuk kehilangan satu pon, yang setara dengan 500 kalori per hari dari diet 7 hari. Tapi bukannya Anda harus terus terpaku pada hitung-hitungan itu, ada hal lain yang bisa membantu Anda menurunan berat tubuh dengan cara mendokumentasikan perubahan yang terjadi pada tubuh. Dilansir dari Womensrunning, Selasa (28/4), berikut ini beberapa langkah yang disarankan untuk Anda yang ingin memulai proses penurunan berat badan tanpa perlu repot menghitung kalori.

Pertama, tetapkan tujuan. Seperti menargetkan turun lima pon dalam jangka waktu 30 hari.

Kedua, memetakan rencana. Tuliskan berapa hari akan menghabiskan waktu bekerja di luar, dan memberikan darta spesifik tentang latihan (berapa mil, berapa lama, jenis latihan apa, dan sebagainya). Kemudian menetapkan rencana makan selama seminggu, seperti untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Tuliskan juga makanan ringan yang akan Anda konsumsi. Dengan seperti itu Anda tidak akan mudah tergoda dengan makanan-makanan lainnya.

Pada hari pertama percobaan, tuliskan berat badan Anda. Kemudian cobalah untuk menimbang diri Anda pada waktu yang sama setiap hari untuk mendapatkan pengukuran paling akurat.

Ketiga, ambil foto makanan dan lacak kemajuan. Setelah Anda memetakan makanan dan latihan selama seminggu ke depan, langkah berikutnya mengambil foto dari segala sesuatu yang dimakan, dari makanan utama hingga makanan ringan.

Pada akhir minggu, Anda dapat melihat foto makanan dan mengevaluasi apa yang Anda makan. Apakah Anda mengambil terlalu banyak makanan karbohidrat berat? Atau makanan mengandung terlalu banyak sodium. Gambar-gambar akan memberikan gambaran visual dari apa dan bagaimana Anda makan dan di mana Anda mampu untuk melakukan penyesuaian.

Pada awal minggu kedua, cobalah timbang berat badan lagi dan lihat apakah ada perbedaan yang nyata. Perhatikan juga bagaimana pakaian Anda saat digunakan.

Menulis semua informasi dan mengambil gambar makanan, termasuk jika Anda makan di luar rumah. Hal itu membuat Anda bertanggung jawab dengan nutrisi yang masuk ke tubuh serta membantu Anda mencapai tujuan tanpa terperangkap dalam permainan angka menghitung kalori.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement