Senin 27 Apr 2015 06:21 WIB

Cegah Kanker dengan Kembang Kol

Rep: MGROL 32/ Red: Indira Rezkisari
Kembang kol
Foto: flickr
Kembang kol

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi Anda para pecinta sayuran, Anda tidak boleh melewatkan sayuran yang satu ini, kembang kol. Sayuran ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama bagi Anda yang sedang dalam program diet. Kembang kol memiliki kandungan kalori yang rendah, vitamin, dan mineral.

Kembang kol merupakan sayuran persilangan kubis dengan brokoli yang menawarkan dorongan sehat diet Anda. Dilansir dari laman Healthmeup, Senin (27/4), berikut alasan Anda harus mengonsumsi kembang kol.

Kaya gizi

Kembang kol memiliki kandungan vitamin B, seperti tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, asam folat. Sayuran ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 sama seperti ikan dan vitamin K. Selain itu, kembang kol juga merupakan sumber protein yang baik dari kandungan fosfor, mangan, dan kalium.

Antioksidan dan fitonutrien

Kandungan antioksidan dalam kembang kol dapat membantu sel-sel tubuh Anda dari radikal bebas dan memberikan pertahanan bagi tubuh dari berbagai serangan penyakit. Selain itu, kembang kaya akan vitamin C, beta karotin, kaemprefol, asam sinamat, dan rutin.

Kesehatan otak

Kandungan kolin dalam kembang kol yang merupakan kandungan aktif dari vitamin B yang berperan untuk kesehatan otak. Selama kehamilan, kembang kol sangat bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas otak bayi dalam rahim yang mampu meningkatkan fungsi daya ingat dikemudian hari. Selain itu, kolin juga membantu menghambat penurunan memori yang saat berusia lanjut dan menjaga kerentanan otak dari racun-racun.

Pencegah kanker

Beberapa ilmuwan percaya bahwa menghancurkan sel-sel induk kanker dapat membantu dalam mengendalikan kanker, salah satunya dengan mengonsumsi kembang kol karena kandungan sulfur dalam sayuran ini dapat membantu memperlambat pertumbuhan tumor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement