Selasa 21 Apr 2015 20:44 WIB

Nutrisi yang Baik untuk Hindari Penuaan Otak

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Blueberry
Foto: AP
Blueberry

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Kesehatan otak merupakan komponen kedua yang paling penting dalam mempertahankan gaya hidup sehat. Seiring bertambahnya usia seseorang, mereka mengalami berbagai masalah kognitif dan pemikiran kritisnya menurun, sehingga menyebabkan demensia dan alzheimer.

ROLers, berikut adalah delapan nutrisi untuk menghindari penuaan otak, dilansir dari Science Daily, Selasa (21/4).

Citicoline

Citicoline adalah zat alami yang ditemukan dalam sel-sel tubuh dan membantu dalam pengembangan jaringan otak. Zat ini juga membantu mengatur memori dan fungsi kognitif otak, meningkatkan komunikasi antara neuron, serta melindungi struktur saraf dari kerusakan radikal bebas. Uji klinis menunjukkan suplemen citicoline dapat membantu mempertahankan fungsi kognitif normal dari penuaan.

Kolin

Kolin berhubungan dengan kesehatan jantung dan membantu sistem komunikasi sel-sel otak ke seluruh tubuh. Kolin juga menjaga otak selama penuaan dan membantu mencegah perubahan kimia otak yang menyebabkan penurunan kognitif. Sumber utama kolin adalah telur.

Magnesium

Suplemen magnesium sering direkomendasikan bagi mereka yang mengalami geger otak serius. Makanan kaya magnesium termasuk alpukat, kacang kedelai, pisang, dan coklat hitam.

Blueberry

Blueberry mengantur aktivitas antioksidan dan antiinflamasi karena mengandung konsentrasi tinggi anthocyanin dan flavanoid yang meningkatkan kualitas kesehatan. Konsumsi blueberry secara moderat bisa menawarkan manfaat neurokognitif seperti peningkatan sinyal saraf di pusat-pusat otak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement