Selasa 21 Apr 2015 07:41 WIB

Mainkan Alat Musik Tiup Kurangi Risiko Sleep Apnea

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Agung Sasongko
Gangguan Tidur (sleep apnea)
Foto: doctroz.com
Gangguan Tidur (sleep apnea)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Sleep apnea adalah gangguan tidur dimana penderita mendengkur dan sering terbangun tengah malam akibat sesak napas seperti tercekik. Sebuah studi baru menemukan bahwa memainkan alat musik tiup bisa mengurangi risiko sleep apnea pada seseorang.

Temuan studi ini disajikan dalam the Sleep and Breathing Conference 2015. Dilansir dari Science Daily, Selasa (20/4), instrumen ini bisa diterapkan lebih jauh dan menjadi metode yang murah juga noninvasif untuk mencegah sleep apnea pada mereka yang berisiko terkena.

Para peneliti di India melakukan fungsi pengujian paru-paru dua kelompok responden yang masing-masingnya berjumlah 65-65 orang. Kelompok pertama diminta memainkan alat musik tiup, sedangkan kelompok kedua tidak memainkan alat musik tiup tersebut.

Semua peserta diminta juga mengisikuisioner untuk dianalisis oleh peneliti. Hasilnya, kelompok yang memainkan alat musik tiup memiliki risiko lebih rendah menderita sleep apnea, dibandingkan mereka yang tidak memainkan alat musik tiup.

Para peneliti percaya hal ini disebabkan aktivitas otot yang meningkat pada saluran pernapasan atas. Salah satu penulis, Silas Daniel Raj mengatakan penelitian kecil ini menyajikan teori yang menarik tentang langkah-langkah pengobatan. (Mutia Ramadhani) Powered by Telkomsel BlackBerry®

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement