Senin 20 Apr 2015 04:53 WIB

Ini Berbagai Manfaat Konsumsi Pepaya

Rep: C13/ Red: Erik Purnama Putra
Buah pepaya matang di pohon.
Foto: Republika/Wihdan
Buah pepaya matang di pohon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pepaya merupakan salah satu buah yang terbaik dan perlu konsumsi lebih banyak. Pepaya diperkaya dengan antioksidan kuat dan dapat membantu mencegah sejumlah penyakit serius.

Buah Pepaya juga mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Selain itu, pepaya juga mengandung serat makanan, tembaga, asam folat, asam pantotenat, magnesium, vitamin A, vitamin C, riboflavin, dan thiamin. Berikut ini manfaat mengkonsumsi pepaya dari segi kesehatan, seperti dilansir Womanitely, Senin (20/4).

1. Sistem kekebalan tubuh

Pepaya merupakan salah satu sumber terbaik yang mengandung vitamin C. Buah ini mengandung lebih dari 200 persen dari kebutuhan harian Anda.

Vitamin C sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat, kulit yang sehat dan muda dan energi yang tinggi. Vitamin C juga dipercaya dapat mencegah penyakit jantung, stroke, diabetes dan beberapa jenis kanker. Mengkonsumsi makanan kaya vitamin C seperti pepaya dalam makanan jelas dapat membantu untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap sehat sepanjang tahun.

2. Kesehatan mata

Wortel bukanlah satu-satunya sumber vitamin A. Pepaya juga dikenal memiliki kandungan Vitamin A dan flavonoid.

Pepaya juga mermiliki kandungan zat zeaxanthin, beta-karoten, lutein dan cyptoxanthin. Kandungan ini sendiri dapat membantu melindungi selaput lendir dan mencegah penuaan dini. Jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu di depan komputer Anda, cobalah minum wortel dan pepaya untuk menjaga kesehatan mata.

3. Menjaga risiko kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada pepaya dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker. Flavonoid dan fitonutrien yang ditemukan dalam pepaya bisa menjaga tubuh dari serangan radikal bebas.

Sebuah studi menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi pepaya secara teratur dapat membantu Anda mencegah kanker usus besar. Selain itu, dapat pula mengurangi resiko kanker prostat.

4. Kulit sehat dan awet muda

Di dunia ini tidak ada yang dapat menghindari kondisi penuaan. Namun kita dapat menghindari penuaan dini dengan mengonsumsi makanan sehat setiap hari.

Pepaya diketahui memiliki sifat anti-penuaan.Hal ini karena pepaya merupakan sumber makanan yang sangat baik dengan kandungan  vitamin E, vitamin C, dan beta-karoten. Kandungan-kandungan ini sendiri dikenal dapat yang melawan keriput, mencegah kerusakan kulit dan  menjaga kulit Anda tetap sehat dan muda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement