Ahad 19 Apr 2015 07:14 WIB

Bahaya kah Membunyikan Jari Ketika Pegal?

Rep: c15/ Red: Ilham
Jari tangan  (ilustrasi)
Foto: Antara
Jari tangan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pada sebagain orang, membunyikan jari dengan cara mematahkan ruas jari-jari ketika pegal mengkhawatirkan. Namun, hal tersebut bisa merenggangkan jari tangan. Apalagi suara 'ceklek' yang kerap terdengar ketika ruas jari kita.

Sebagian orang berfikir hal tersebut membahayakan karena suaranya yang mirip suara patahan. Namun, hal tersebut tak perlu dikhawatirkan, penelitian membuktikan hal tersebut tidak berbahaya.

University Of Albera menjelaskan, hasil penelitian setelah melalui penglihatan melalui MIR scanner, suara tersebut bisa timbul karena diantara ruas jari terdapat celah yang berisi angin diantara sendi. Ketika ruas jari ditekuk, maka bisa menimbulkan suara 'ceklek' tersebut.

"Ini sedikit seperti membentuk ruang hampa," kata penulis utama studi Greg Kawchuk, seorang profesor di Fakultas Kedokteran Rehabilitasi seperti lansir Time, Ahad (19/4).

Greg menjelaskan, sebagian permukaan sendi tiba-tiba terpisah, tidak ada lagi cairan yang tersedia untuk mengisi volume sendi meningkat, sehingga rongga yang dibuat dan menibulkan suara.

Tak ada resiko terbesar terkait hal ini. Resiko patah tulang yang kerap disebut salah satu ancaman ini tak terbuktikan. Hanya saja, jangan kerap dilakukan, agar tangan tak terkena resiko pergeseran sendi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement