Sabtu 18 Apr 2015 11:43 WIB

Banyak Bergerak, Kunci Tubuh Ideal Perempuan

Olahraga joging membakar lebih banyak kalori dari berjalan kaki.
Foto: AP
Olahraga joging membakar lebih banyak kalori dari berjalan kaki.

REPUBLIKA.CO.ID, Pakar kesehatan dan kebugaran Nano Oerip mengatakan tidak sulit untuk mendapatkan tubuh ideal bagi perempuan. Yakni, cukup dengan banyak bergerak.

"Banyak bergerak kuncinya. Seorang ibu rumah tangga, bisa mendapatkan tubuh ideal asalkan rajin membersihkan rumah dan jangan bermalas-malasan," ujarnya di Jakarta, Sabtu (18/4). Kegiatan rumah tangga, sambung Nano, seperti menyapu, mengepel, menyeterika hingga nyuci baju efektif untuk membakar kalori.

"Untuk mendapatkan tubuh ideal bisa dengan cara apa saja, tapi sekarang masalahnya banyak perempuan yang malas," katanya. Namun agar lebih terkontrol, lanjut dia, berlatih di pusat kebugaran karena ada pelatihnya.

Perempuan biasanya masuk ke kelas terlebih dahulu, sebelum memegang alat-alat kebugaran. "Biasanya perempuan parno (paranoid) dengan alat-alat. Jangan terburu-buru pegang alat, mulai pelan-pelan," kata Nano yang saat ini menjabat sebagai Manajer Pengembangan Program Gold's Gym Indonesia.

Kaum hawa, sambung dia, paling sulit disiplin dan mengatur waktu, sehingga banyak program latihan menjadi berantakan dan target tercapai. Program yang diberikan pun tergantung kondisi tubuh perempuan itu. Massa otot juga diukur. "Tidak semua lemak dibakar. Untuk perempuan, idealnya persentase lemak 23 persen hingga 24 persen dari berat tubuh. Lemak penting untuk melarutkan vitamin," kata dia.

Disinggung mengenai bagaimana tubuh yang ideal bagi perempuan? Nano mengatakan yang terpenting adalah akal sehat. Hal itu karena perempuan suka membandingkan bentuk tubuhnya dengan perempuan lain. "Mulailah dengan pikiran yang positif, baru berolahraga," ujar dia.

Jaringan pusat kebugaran kelas dunia, Gold's Gym, menjalin kerja sama dengan menggandeng Walt Disney Indonesia, melaluiprogram bertema The Avengers - Age of Ultron. Pusat kebugaran itu memberikan tantangan bugar ala "super hero" bagi peminat kebugaran.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement