Kamis 16 Apr 2015 13:26 WIB

Mau Otak Tetap Sehat? Makan Ini Saja

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Rosemary
Foto: pixabay
Rosemary

REPUBLIKA.CO.ID, Menjadi pikun merupakan musuh terbesar orang tua. Terkadang orang tua yang pikun akan sulit mengenali sekelilingnya, bahkan sampai dirinya sendiri. Agar kita terhindar dari pikun ada beberapa makanan yang dilansir dari Healthgrade, Kamis (16/4), yang bisa menjauhkan dari kepikunan dini.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh. Jenis lemak ini memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer. Dalam studi tiga tahun, wanita usia 60 tahun ke atas yang mengkonsumsi lemak tak jenuh lebih memiliki penurunan paling lama dalam memori.

Rosemary

Rosemary merupakan ramuan Mediterania dengan aroma khas piney yang mengandung asam carnosic. Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa senyawa polifenol melawan cedera pada neuron otak dan membantu aliran darah yang sehat di otak .

Kenari

Kenari, bersama dengan pecan dan almond, merupakan sumber yang baik karena mengandung  vitamin E. Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Taburkan beberapa kacang pada salad, sereal, yogurt, atau ambil segenggam untuk camilan sehat .

Trout

Ikan kaya omega–tiga dan asam lemak ini dapat membantu melindungi memori. Pada pria dan wanita yang sudah tua, makan ikan dua kali seminggu maka 13 persen lebih lambat dari penurunan kemampuan kognitif. Ikan lainnya dengan lemak sehat ini, salmon, mackerel, halibut, dan ikan tuna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement