Kamis 02 Apr 2015 06:24 WIB

Waspadai Nyeri pada Payudara Saat Hamil

Ibu menyusui
Foto: momrising.org
Ibu menyusui

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain mengalami morning sickness, ibu hamil pun kerap merasakan nyeri pada payudara. Pada masa kehamilan, payudara memang akan mengalami pembesaran kelenjar karena dipersiapkan untuk menyusui.

"Payudara juga terasa lebih kencang, lebih peka, dan terkadang timbul rasa perih atau nyeri," jelas Dr. Judi Januadi Endjun, SpOG dari RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Payudara berkembang membesar sehingga Anda mungkin akan memerlukan bra berukuran 2 kali lebih besar dari ukuran semula. Dari tampilan payudara pun, tampak pembuluh-pembuluh darah di bawah kulit yang semakin jelas, lebih banyak, dan lebih besar dari biasa.

Puting susu dan areola juga mengalami perubahan, karena kelenjar-kelenjar kecil di sekeliling puting menjadi lebih menonjol, menggumpal, dan berubah warna. Rasa nyeri ini umumnya akan berkurang setelah ukuran payudara menetap pada sekitar usia kehamilan 20 minggu.

Cara mengatasi keluhan yang dialami tersebut seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Pada kehamilan trimester pertama, periksa puting susu. Bila puting susu datar atau masuk ke dalam, lakukan pijatan dengan menggunakan kedua jari telunjuk atau ibu jari. Pijat daerah di sekitar puting susu ke arah berlawanan menuju ke dasar payudara sampai semua daerah payudara. Lakukan sehari dua kali selama 6 menit.

Pada kehamilan trimester ketiga, payudara tentunya sudah lebih besar dan dipersiapkan untuk menyusui. Rajinlah membersihkan kedua puting susu dan daerah sekitarnya dengan handuk bersih untuk memperlunak dan menghilangkan kotoran atau kerak yang menempel pada puting susu.

"Pakailah bra yang tidak ketat dan dapat menopang payudara tanpa menekannya. Gunakan bra untuk ibu hamil dan menyusui," tutur Dr. Judi.

Mengikuti kelas prenatal pun disarankan oleh Dr. Judi. "Di kelas ini ibu hamil akan diajarkan menyikapi semua perubahan agar kehamilan dan persalinan berjalan menjadi sesuatu yang menyenangkan," ujarnya lagi. Dalam kelas prenatal pun ibu hamil bisa mendapatkan informasi langkah-langkah cara memijat dan menangani payudara jika terasa nyeri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement