Selasa 31 Mar 2015 17:29 WIB

Kebiasaan Buruk Ini Picu Gigi Jadi Sensitif

Rep: MGROL 33/ Red: Indira Rezkisari
Gigi Sensitif (Ilustrasi)
Gigi Sensitif (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Memiliki gigi sensitif merupakan hal yang menyebalkan bagi setiap orang. Gigi sensitif membuat seseorang harus cermat memilih makanan ataupun minuman. Salah pilih, bukannya kenyang atau meraih rasa nikmat dari makanan gigi justru bisa merasa ngilu saat makan.

Ada beberapa penyebab terkait gigi sensitif. Pertama, disebabkan oleh cara mengosok gigi yang salah. Kemudian gangguan pada gusi dan jaringan penyangga pada gigi. Lalu, penyebab lain yaitu akibat penumpukan flat kalkulus atau peradangan pada gusi.

Penyebab lain terjadinya gigi sensitif disebabkan oleh kebiasaan buruk seseorang. "Salah satu penyebab gigi sensitif, dan ini merupakan kebiasaan buruk yakni, clenching atau brixism (mengeretak gigi). Hal itu biasa terjadi saat kita tidur," kata dokter gigi Laura Zaizavonna, di Jakarta, Selasa, (31/3).

Menurut Laura, timbulnya rasa ngilu pada gigi sensitif diakibatkan oleh penipisan pada lapisan luar gigi. Sehingga lapisan luar gigi, yang disebut dengan 'dentin' menjadi terbuka. Dentin terdiri atas tabung-tabung kecil yang menyambung ke ujung saraf dan dipenuhi dengan cairan.

Laura menambahkan, apabila dentin yang terbuka ini terkena rangsangan dari makanan atau minuman yang dingin, panas, manis, ataupun asam, maka dapat menyebabkan cairan ini bergerak. Gerakan inilah yang menyebabkan ujung syaraf bereaksi dan memicu timbulnya rasa ngilu yang pendek tapi tajam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement