Ahad 29 Mar 2015 06:29 WIB

Kini, Deteksi Osteoarthritis Bisa Lewat Setetes Darah

Rep: MGROL 38/ Red: Indira Rezkisari
Penyakit sendi atau osteoarthritis
Foto: spinesportshc
Penyakit sendi atau osteoarthritis

REPUBLIKA.CO.ID, Biasanya penyakit osteoarthritis hanya bisa dideteksi ketika sendi telah mencapai tahap rusak parah hingga operasi menjadi jalan satu-satunya. Namun, ilmuwan Inggris kini telah mengembangkan cara mendeteksi adanya osteoarthritis secara lebih mudah sekaligus murah, yakni hanya dengan setetes darah.

Warwick University melakukan penelitian menggunakan setetes darah untuk melihat gejala-gejala osteoarthritis. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa darah dari orang-orang dengan osteoarthritis mengandung lebih dari dua senyawa orang-orang yang sehat.

Penelitian yang menghabiskan biaya 50 poundsterling Inggris serta menggunakan peralatan yang umum di laboratorium rumah sakit tersebut diklaim akurat. "Ini adalah penemuan yang luar biasa dan tak terduga," ujar Dr Naila Rabbani, ketua peneliti, dilansir Dailymail (29/3).

Menurut Naila, yang terpenting dari penelitiannya adalah mampu melihat penyebab awal dari penyakit dan menghindari nyeri-nyeri sendi lainnya. "Ini bisa membantu pengobatan yang tepat untuk radang sendi pada tahap awal dan memberikan kesempatan terbaik untuk pengobatan yang efektif," lanjutnya.

Biasanya, bentuk yang paling umum dari osteoarthritis disebabkan oleh keausan tulang rawan sendi akibat membungkuk, mengangkat, mencengkeram atau berlutut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement