Jumat 06 Mar 2015 20:37 WIB

Anjing Dilatih Bantu Proses Penyembuhan Pasien Anak

Anjing
Foto: Daily Mail
Anjing

REPUBLIKA.CO.ID, Rumah sakit anak-anak di Melbourne, Royal Melbourne Hospital memiliki program unik dengan membawa anjing-anjing untuk membantu proses penyembuhan pasien anak-anak.

Program yang diberi nama Lort Smith Pet Therapy Program ini adalah program terapi unik yang bertujuan untuk meningkatkan kondisi kesehatan anak-anak melalui kontak dengan anjing. Anjing-anjing yang dibawa oleh sukarelawan ini harus sudah melewati proses training dan penilaian oleh pihak rumah sakit. Hewan peliharaan jenis anjing dipilih dengan alasan sejumlah faktor, termasuk pengawasan infeksi.

Keberadaan anjing-anjing ini tidak hanya membuat pasien anak-anak tersenyum, tetapi juga membawa kebahagiaan bagi orang tua dan keluarganya. "Mereka bisa membuat anak-anak turun dari tempat tidur dan berjalan-jalan. Sejumlah ahli fisioterapi juga menggunakan anjing-anjing untuk mendorong agar anak-anak mau bergerak," ujar Brenda Kittelty, Ketua Program Sukarelawan di Royal Children Hospital.

Anjing-anjing ini pun bisa membantu menenangkan anak-anak yang baru atau masih melewati masa-masa yang sulit dan tertekan. Seorang ibu mengaku senang bisa kembali melihat anaknya tersenyum untuk pertama kalinya, setelah melewati masa-masa sulit menjelang operasi. "Ia tersenyum sangat lebar setelah memeluk seekor anjing yang menyapa di kamarnya," ujar ibu tersebut.

Tapi tentu saja anjing-anjing tidak bisa seenaknya masuk ke setiap ruangan. Ada sekitar tujuh bangsal di rumah sakit tersebut yang memperbolehkan membawa anjing-anjing yang sudah terlatih.

Jumlah sukarelawan mencapai 37 orang dengan 42 ekor anjing, yang sekarang ini terlibat dalam program terapi di Royal Children Hospital.

sumber : http://australiaplus.com/indonesian/2015-03-06/memanfaatkan-anjing-untuk-membantu-pemulihan-anakanak-yang-sakit/1422419
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement