Selasa 03 Mar 2015 13:02 WIB

Boleh Hamil Setelah Pulih dari Kanker?

Ibu Hamil (ilustrasi)
Ibu Hamil (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Kekhawatiran bahwa penyakit kanker bakal timbul lagi saat hamil banyak dialami oleh perempuan. Apakah benar penyakit kanker bisa timbul lagi saat hamil meskipun sebelumnya sudah dinyatakan sembuh?

Apabila perempuan sedang pemulihan pasca operasi kanker dan ingin hamil lagi. Apa yang perlu dilakukan?

Kemampuan perempuan untuk hamil serta hamil dengan aman dan sehat sangat tergantung pada lokasi kanker, jenis perawatan yang dilakukan, dan efek jangka panjang dari kanker tersebut.

Dikutip dari www.parentsindonesia.com, masalah pertama yang mungkin dihadapi adalah konsepsi. Tergantung pada jenis kanker yang pernah dialami, dokter mungkin akan meminta Anda menunggu antara tiga sampai lima tahun sebelum memutuskan hamil. Hal ini penting dilakukan bagi mereka yang selamat dari kanker yang tergantung pada hormon, seperti kanker payudara.

Karena obat yang Anda konsumsi mungkin akan menekan kadar estrogen untuk mencegah kanker timbul lagi. Atau mungkin Anda melakukan kemoterapi atau pengobatan radiasi yang bisa mengehentikan proses menstruasi.

Jika Anda sudah terlanjur hamil, Anda perlu memonitor apakah kanker muncul lagi atau tidak. Ada beberapa tes yang mungkin dilakukan tergantung pada jenis kanker yang pernah Anda derita. Sebagai contoh, leukemia atau kanker darah yang memerlukan tes darah rutin. Atau kanker payudara yang memerlukan skrining untuk mencari pertumbuhan kanker baru.

Jika Anda pernah mengalami kanker payudara, Anda perlu mewaspadai perubahan payudara yang terjadi secara alami akibat dari kehamilan. Kadar hormon yang meningkat saat hamil, bisa saja memengaruhi kondisi payudara. Beritahu dokter jika ada masalah pada payudara Anda.

Jika Anda khawatir kehamilan dapat menyebabkan kanker timbul kembali, kabar baiknya banyak penelitian terbaru yang tidak bisa membuktikan hal tersebut. Bahkan, banyak kasus penderita kanker yang berhasil sembuh mampu hamil dan memiliki anak yang sehat. Bisa dikatakan kehamilan setelah kanker sama sekali tidak membahayakan kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement