Selasa 03 Mar 2015 11:58 WIB

Berkenalan dengan Selesma

Anak yang sedang flu kadang mengalami pula masalah hidung berlendir atau ingus.
Foto: fredsullivan
Anak yang sedang flu kadang mengalami pula masalah hidung berlendir atau ingus.

REPUBLIKA.CO.ID, Selesma adalah penyakit yang umum terjadi pada anak. Jika Anda belum paham tentang penyebab, gejala, dan cara mengobati selesma, sekarang adalah saatnya berkenalan.

Penyebab

Dikutip dari www.parentsindonesia.com, selesma yang disebabkan oleh berbagai virus. Faktanya lebih dari 200 virus, semua sangat menular dan dapat memicu berbagai macam gejala seperti, hidung mampet, batuk dan pilek. Orang yang terinfeksi selesma kemudian batuk atau bersin akan menyebarkan virus ke udara dan bisa dihirup orang lain. Tetapi kuman selesma menyebar melalui kontak tangan dari benda yang sebelumnya disentuh oleh orang yang terinfeksi selesma.

Gejala

Gejala selesma sangat beragam, misalnya hidung meler, hidung tersumbat, bersin, batuk tidak berdahak, sakit tenggorokan, kelelahan, hilangnya nafsu makan, dan terkadang demam.

Cara mengobati

Meskipun Anda tidak bisa menyembuhkan selesma, Anda dapat mengobati beberapa gejalanya untuk membuat anak Anda merasa lebih nyaman.

- Terapkan terapi uap di kamar anak Anda, terutama pada malam hari untuk membantunya bernapas lebih mudah. Selain menggunakan alat pelembab udara Anda juga bisa meletakan satu ember air panas di kamar yang sudah dicampur minyak kayu putih.

- Anda bisa meredakan hidung tersumbat dengan obat tetes tetes atau alat suntik hidung. Gunakan obat tetes jika hidungnya yang tersumbat sudah mengganggu makan dan tidurnya. Obat tetes hidung dijual bebas dan tersedia di toko-toko obat. Hindari menggunakan dekongestan tanpa berkonsultasi dengan dokter.

- Memberikan banyak cairan. Cairan membantu mengurangi lendir di hidung. Sup ayam juga dapat membantu meringankan gejala selesma. Hindari memberikan produk dari susu yang dapat meningkatkan sekresi lendir kepada anak.

- Mandikan anak Anda dengan air hangat. Biarkan dia bermain di kamar mandi sebentar untuk memudahkannya bernapas dan membantu menurunkan demam.

- Berikan anak Anda peredam demam. Tanyakan kepada dokter Anda apakah dia merekomendasikan acetaminophen atau ibuprofen untuk mengurangi demam.

- Tinggikan kepala anak Anda saat tidur. Tempatkan bantal atau beberapa selimut di bawah kepala untuk mengangkat kepalanya sedikit dan membantu mengeringkan lendir dari rongga hidung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement