Sabtu 28 Feb 2015 07:00 WIB

Sering Minum Alkohol Buat IQ Rendah

Minuman Beralkohol
Foto: Republika/Prayogi
Minuman Beralkohol

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah penelitian menunjukan adanya hubungan antara IQ rendah dengan konsumsi alhokol pada pria. Peminum alkohol memiliki IQ paling rendah berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal berjudul Alcoholism: Clinical and Experimental Reserch Journal itu.

Studi dilakukan di Institut Karolinska Swedia terhadap 49.321 pria yang lahir antara 1949 hingga 1951. Test IQ dilakukan berdasarkan pola minum, kadar alkohol yang masuk ke dalam tubuh, kebiasaan merokok, dan kondisi medis lainnya.

Hasilnya, pria dengan IQ rendah mengonsumsi alkohol dengan level tinggi. Para peneliti menyimpulkan bahwa IQ yang tinggi membuat pria memilih gaya hidup yang lebih sehat.

Salah seorang peneliti, Sara Sjolund, mengatakan, itu adalah penelitian pertama yang menunjukan adanya hubungan yang konsisten antara kemampuan kognitif dan kebiasaan minum alkohol. Namun, ia mengakui hasil penelitian akan berbeda di tiap negara dan budaya, terutama pada wanita. "Kita tak bisa menyamakan hasil ini untuk wanita. Level konsumsi dan pola minum alkohol wanita berbeda dengan pria," ujarnya, seperti yang dikutip dari The Telegraph.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement