Kamis 26 Feb 2015 18:28 WIB

Warga Aborigin Lebih Berisiko Idap Kanker

Warga Aborigin
Foto: Reuters
Warga Aborigin

REPUBLIKA.CO.ID, Studi baru yang dilakukan Dewan Kanker Queensland mengungkap, warga Aborigin penderita kanker memiliki tingkat bertahan hidup yang jauh lebih rendah ketimbang penderita kanker di Australia lainnya.

Studi ini meneliti statistik kelangsungan hidup penderita kanker nasional dari Pusat Penelitian Kesehatan ‘Menzies’ dan Universitas Charles Darwin. Hasilnya, pada periode 2006/2007, tingkat kematian warga Aborigin penderita kanker 26 persen lebih tinggi ketimbang warga penderita kanker lainnya.

Studi ini juga menemukan bahwa warga Aborigin yang tinggal di daerah terpencil, atau yang masih berusia muda, adalah mereka yang paling berisiko.

Temuan itu menunjukkan, perbedaan dalam tingkat kelangsungan hidup antara warga Aborigin Australia dengan warga Australia lainnya mencapai jarak terbesar setelah diagnosa.

Juru bicara Dewan Kanker Queensland, Katie Clift, mengatakan, kesenjangan itu harus dibenahi. "Pada semua jenis kanker, jumlah warga Aborigin penderita kanker yang bertahan hidup ternyata lebih rendah ketimbang warga Australia lainnya," ujar Katie.

Ia mengatakan, latar belakang fenomena tersebut sungguh bervariasi, termasuk faktor-faktor sosial, pendidikan, ekonomi dan lingkungan. "Mereka punya prospek yang buruk untuk berobat secara efektif dan pada tingkat bertahan hidup, dan seringnya mereka cenderung untuk tidak menyelesaikan pengobatan,” tutur Katie.

Ia menguraikan, "Tingkat kematian warga Aborigin di pedalaman Australia dalam penelitian ini, benar-benar 65 persen lebih tinggi dibanding mereka yang hidup di kota-kota besar, sehingga ada berbagai isu yang berperan di sini."

Katie mengutarakan, intervensi mendesak diperlukan untuk meningkatkan diagnosa, pengobatan serta layanan kanker bagi komunitas Aborigin. "Ini adalah masalah yang sangat kompleks. Kami tahu bahwa banyak warga Aborigin yang tidak menyadari risiko kanker, dan yang terpenting, bagaimana mengurangi risiko itu,” kemukanya.

Ia menjelaskan, "Banyak warga Aborijin, terutama di daerah-daerah terpencil, tak tahu banyak tentang kanker.”

"Jumlahnya paling banyak di antara warga Aborigin yang tinggal di daerah terpencil dibandingkan mereka yang tinggal di kota metropolitan, dan kemudian lebih banyak juga di antara kaum muda dibanding orang-orang tua, jadi  ini agak mengejutkan juga,” tambahnya.

sumber : http://australiaplus.com/indonesian/2015-02-26/warga-aborijin-lebih-sulit-selamat-dari-kanker-ketimbang-warga-australia-lainnya/1419277
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement