Ahad 15 Feb 2015 22:56 WIB

Senam Hamil Bisa Mengurangi Rasa Sakit

Senam hamil
Foto: flickr
Senam hamil

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA  --  Pengurus Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) menyatakan senam hamil yang dilakukan oleh ibu hamil selama masa kehamilan bisa mengurangi rasa sakit saat melahirkan.

Ketua Terpilih POGI Indonesia, Poedjo Hartono mengatakan proses melahirkan itu memang sakit, baik itu dilakukan secara operasi maupun dengan cara alami atau normal.

"Karena itu, untuk mengurangi rasa sakit tersebut mungkin bisa dilakukan dengan senam hamil. Karena senam ini bisa meningkatkan rasa percaya diri kepada ibu hamil untuk mempersiapkan dirinya menjelang proses persalinan," katanya dalam temu wartawan saat kampanye celebrate the changes di salah satu hotel di Surabaya, Ahad (15/2).

Poedjo mengatakan dengan persiapan yang matang maka ibu hamil akan memiliki persiapan yang baik menjelang proses persalinan yang akan dilakukannya.

"Orang hamil itu memang memiliki dua perubahan yang begitu mencolok pada dirinya, pertama adalah fisik dan juga psikologis. Untuk perubahan fisik yaitu bentuk badan yang berubah dan juga psikologis karena orang hamil memiliki perubahan pada hormonalnya," katanya.

Tantangan terberatnya yaitu pada trimester pertama di mana masih ada kerawanan pada kehamilan tersebut.

"Biasanya dibarengi dengan mual-mual dan juga kepala pusing. Namun, hal tersebut sangat alami sekali dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan," katanya.

Sementara itu, Muliaman Mansyur selaku Head of Medical Sales Fontera Brands Indonesia mengatakan pada kegiatan ini pihaknya memperkenalkan senam Anmum Yophita yang merupakan gabungan dari Yoga, Hypnotherapy, Pilates dan juga Tai Chi.

"Gabungan gerakan-gerakan ini yang diketahui baik dan bermanfaat menjaga kondisi fisik dan emosional ibu hamil sesuai dengan perubahan yang terjadi selama kehamilan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement