Rabu 11 Feb 2015 01:05 WIB

Anak dari Orang Tua Perokok Rentan Terkena Diabetes

Perokok (ilustrasi)
Perokok (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil studi menunjukan anak yang terekspos asap rokok ketika ia masih dalam kandungan rentan terkena diabetes. Penelitian tersebut dilakukan oleh Universitas California, Davis dan Institusi Kesehatan nirlaba Berkeley.

Studi tersebut menunjukan wanita yang ibunya merokok ketika tengah mengandung dirinya memiliki risiko diabetes tiga kali lebih besar. Bapak yang merokok ketika anaknya masih di kandungan juga berkontribusi meningkatkan risiko tersebut.

"Penemuan kami konsisten dengan pemikiran bahwa ekspos kimia terhadap kandungan dapat mempengaruhi perkembangan kesehatan dan peyakit," ujar Kepala Peneliti Michele La Merril, seperti yang dikutip dari Science Daily, Selasa (10/2).

Studi tersebut melibatkan 1,800 anak perempuan dari ibu yang berpartisipasi dengan Kajian Perkembangan dan Kesehatan Anak di Institut Kesehatan nirlaba tersebut.

Dalam penelitian sebelumnya, janin yang terpapar asap rokok juga berisiko obesitas dan rendahnya berat badan ketika dilahirkan. "Kita menemukan bahwa orang tua yang merokok adalah faktor risiko bagi diabetes. Jika orang tua merokok, anda tidak aman dari diabetes meskipun anda kurus," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement