Jumat 06 Feb 2015 04:17 WIB

Kandungan Dalam Teh Hijau Berkhasiat Hancurkan Sel Kanker

Rep: C01/ Red: Julkifli Marbun
Fakta teh
Foto: Dailymail
Fakta teh

REPUBLIKA.CO.ID, PENNSYLVANIA -- Selama ini teh hijau memang dikenal mengandung anti oksidan yang tinggi. Akan tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa ada keunggulan lain dari teh hijau, yaitu mampu menghancurkan sel yang berpotensi menjadi kanker.

Senyawa bernama epigallocatechin-3-gallate atau EGCG yang terkandung dalam teh hijau merupakan kuncinya. Senyawa ini mampu mendorong proses penghancuran terhadap sel-sel berbahaya yang berpotensi menjadi kanker. Temuan ini berhasil diketahui oleh para peneliti di Penn State’s Center for Plant and Mushroom Foods for Health.

Profesor Pendamping Joshua Lambert menyatakan bahwa EGCG ini melakukan sesuatu yang merusak mitokondria pada sel yang berpotensi kanker. Kerusakan mitokondria ini kemudian terus membesar hingga akhirnya mati.  Ketika mitokondria yang merupakan bagian terpenting sel mati, maka kesempatan bagi sel ganas untuk kembali atau tumbuh semakin mengecil.

Dilansir dari Independent, EGCG juga berperan dalam pengadaan sirtuin 3 yang merupakan protein terpenting bagi kesehatan serta rentang hidup sel. Berkat bantuan EGCG, sirtuin 3 yang terdapat dalam sel-sel yang sehat menjadi lebih banyak. Sedangkan sirtuin 3 yang terdapat dalam sel-sel berbahaya lebih sedikit.

Penemuan ini bisa jadi memegang peranan penting dalam mengembangkan pengobatan alternatif untuk kemoterapi. Pasalnya, tak terlihat adanya efek samping berbahaya dari pemanfaatan EGCG yang bersumber dari teh hijau ini. Selain itu, peneliti juga meyakini bahwa penemuan ini dapat bermanfaat dalam memformulasikan perawatan pencegahan kanker yang efektif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement