Selasa 03 Feb 2015 07:05 WIB

Bersihkan Hati dengan Makanan Ini

Rep: ani nursalikah/ Red: Damanhuri Zuhri
Bawang putih bisa membantu membersihkan hati
Foto: asadal.co.uk
Bawang putih bisa membantu membersihkan hati

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hati adalah organ yang paling penting dalam metabolisme tubuh. Hati membantu mengeluarkan racun berbahaya dan membantu tubuh menyerap nutrisi.

Namun sekarang ini dengan adanya polusi udara, air dan makanan, beban hati meningkat. Kesehatan hati juga berisiko jika anda kerap mengonsumsi makanan olahan.

Tidak perlu khawatir. Dikutip dari Boldsky, berikut ini makanan penting yang membantu membersihkan hati. Pertama, bawang putih.

Bawang putih kaya selenium dan allisin yang merupakan bahan kunci membersihkan racun. Hancurkan bawang putih terlebih dulu agar komponen aktif ini terlepas.

Kedua, apel. Kulit apel mengandung pektin dalam jumlah tinggi. Pektin membantu pencernaan sehingga kerja hati tidak terlalu berat.

Ketiga, aneka jenis buah beri. Berbagai jenis buah beri mengandung serat dan antioksiden. Selain itu buah-buah beri kaya asam organik untuk membersihkan hati.

Keempat, teh hijau. Teh hijau membantu mengeluarkan lemak dari hati agar kerja hati lebih efisien. Kelima, sayuran berdaun hijau.

Sayuran hijau menstimulasi produksi empedu dan menggunakan klorofil untuk menyaring racun dan bahan berbahaya dari hati.

sumber : Boldsky
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement