Ahad 01 Feb 2015 16:17 WIB

Paparan Asam Terus Menerus Buat Gigi Keropos

Gigi putih (Ilustrasi)
Foto: Foxnews
Gigi putih (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Paparan asam hasil penguraian sisa makanan dan bakteri dalam mulut secara terus menerus membuat gigi menjadi keropos.

"Di dalam mulut sebenarnya rentan terjadi pengeroposan gigi. Namun, dalam keadaan normal sebenarnya gigi memiliki pertahanan cukup baik untuk mengatasi pengikisan," kata Research dan Innovation Manager Formula Oral Care, Puji Astuti, Sabtu (31/1).

Menurut dia, sejatinya gigi dapat memperbaiki dirinya sendiri melalui mineral-mineral dari air liur (saliva), tetapi jika terpapar asam terus-menerus tentunya gigi tak punya kesempatan melakukan perbaikan.

Ia menjelaskan paparan asam yang berlangsung secara terus-menerus terhadap gigi itulah yang kemudian menyebabkan lapisan email gigi menjadi semakin tipis dan kemudian menjadikan gigi keropos.

"Pada dasarnya, gigi keropos disebabkan oleh asam hasil penguraian sisa makanan dan bakteri dalam mulut. Makanya, gigi memerlukan lapisan untuk melindungi gigi dari serangan asam," katanya.

Berbeda kondisinya dengan perokok, kata dia, kandungan tar dari rokok sebenarnya lebih membahayakan gigi, sebab semakin lama zat tar akan mengendap dan membentuk lapisan keras di gigi.

"Tar yang mengendap menjadi lapisan keras ini memperparah pengeroposan gigi. Apalagi, di dalam mulut juga menghasilkan paparan asam terhadap gigi hasil penguraian sisa makanan dan bakteri," kata Puji.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement