Jumat 30 Jan 2015 04:33 WIB

Jangan Lakukan Ini Ketika Ingin Buang Air

Rep: Satya Festiani/ Red: Erik Purnama Putra
Tiga perempuan India mengantre di toilet umum.
Foto: Reuters
Tiga perempuan India mengantre di toilet umum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebiasaan buang air ketika anda baru mulai merasa ingin ke kamar mandi ternyata tidak baik. Buang air ketika belum mau pipis mun ternyata sama tidak baiknya. Pasalnya, kandung kemih akan menjadi tidak sensitif karena hal tersebut.

Seperti dikutip Daily Mail pada Kamis (29/1), ketika kandung kemih berisi cairan, organ tersebut akan mengirimkan sinyal pada otak. Semakin penuh, sinyal yang dikirimkan akan semakin banyak. Jika kandung kemih selalu kosong, saraf yang mengirimkan sinyal ini dapat mengalami malfungsi dan mengirimkan sinyal tersebut ke otak walaupun kandung kemih belum penuh.

Urologist dari BMI Priory Hospital, Zaki Almallah, mengatakan, kebanyakan masalah kandung kemih terjadi karena kebiasaan di masa lalu. "Mengosongkan kandung kemih terlalu sering akan membuat kandung kemih mengirimkan sinyal pada otak terlalu cepat di kemudian hari," ujarnya.

Zaki menyarankan untuk pergi ke kamar mandi ketika keinginan untuk buang air ada di skala tujuh dari 10. "Cobalah untuk duduk dan menunggu sebentar," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement