Rabu 28 Jan 2015 19:10 WIB

Tak Hanya Buah Sayur, Kacang Ini Juga Khas Benua Kanguru

Kacang Macademia
Foto: ABC News
Kacang Macademia

REPUBLIKA.CO.ID, Selain lemon berri, buah quandong, dan tomat hutan, Australia mengenal beberapa jenis buah dan sayur lain yang tak kalah uniknya. Buah dan sayur ini juga menjadi makanan kebanggaan Australia.  

Buah Berri Salju

Buah berri salju tumbuh di hutan basah yang dingin dan di daerah sub-Alpin Tasmania dengan bentuk bola salju putih dengan ujung merah.

Mereka memiliki rasa manis tapi halus dan teksturnya renyah, yang membuat buah ini ideal untuk menemani es krim atau makanan penutup lainnya. Meski rasanya lezat dan menggugah selera, mereka sulit untuk ditumbuhkan secara komersial.

Peterseli Laut

Sayuran ini juga dikenal sebagai 'seledri laut'. Sayuran asli pesisir ini ditemukan Kapten Cook dan rekan-rekan petualangnya, yang menggunakan ramuan liar ini untuk memberi rasa pada makanan dan minuman mereka.

Peterseli laut terkait erat dengan peterseli Eropa, baik dalam penampilan, rasa, dan genetikanya, walau versi asli Australia tumbuh di atas tanah.

 

Peterseli laut bisa digunakan dalam salad, sup atau sebagai hiasan makanan.

 

Kacang Macademia

Kacang Macademia memiliki kulit luar yang sekeras batu tapi rasanya sepadan dengan usaha untuk memakannya. Kacang yang ada di dalamnya begitu lezat jika dimakan mentah, diasinkan, dipanggang, ditumbuk menjadi selai kacang atau dilapisi cokelat.

Minyak ini juga dipuji karena manfaat kesehatan yang dikandungnya, tingkat keasapannya, dan rasa manis yang dimilikinya. Australia adalah salah satu produsen terbesar dunia dari kacang macademia. Negara ini memberikan kontribusi lebih dari 30 persen produksi global dan mengekspor ke lebih dari 40 negara.

Asparagus Laut

Ditemukan di sepanjang pantai selatan Australia, dan di banyak garis pantai lain di seluruh dunia,  asparagus ini juga dikenal sebagai asparagus mini.

Ia memiliki rasa asin alami dengan tekstur garing dan renyah, dan bisa didapatkan di banyak restoran top Australia. Asparagus laut merupakan sumber kalsium dan zat besi yang baik dan kaya vitamin A.

 

sumber : http://australiaplus.com/indonesian/2015-01-28/beragamnya-kuliner-asli-australia/1410503
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement