Senin 26 Jan 2015 07:29 WIB

Pemberian Suplemen Bantu Anak Terhindar Alergi

Anak Alergi makan ikan (ilustrasi).
Foto: Republika/Amin madani
Anak Alergi makan ikan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Menghindari anak dari alergi tidak hanya dilakukan lewat menunda pemberian makanan padat sebelum waktunya ke anak. Menyusui atau memberi anak ASI serta menghindari anak dari makanan yang kadar alergennya tinggi juga merupakan cara menghindari alergi di anak.

Dikutip dari www.parentsindonesia.com, masih ada beberapa cara lagi untuk menghindari alergi pada anak.

Hindari alergen dari udara

Zat Alergen non makanan yang menjadi penyebab utama alergi adalah debu rumah. Hindari dan bersihkan kamar tidur dan tempat bermain dari debu. Bersihkan secara teratur sehari 2 kali.  Anak juga harus tidur di atas kasur busa bukan kasur kapuk.

Hidup di lingkungan bersih

Usahakan anak terbebas dari polusi udara. Tidak boleh ada orang yang merokok di dalam rumah. Binatang peliharaan berbulu (ayam, burung, kucing) sebaiknya tidak ada dalam rumah. Di kamar dan tempat bermain anak disarankan tidak disemprot obat nyamuk.

Suplemen makanan

Berikan anak makanan yang banyak mengandung antioksidan. Buah-buahan berwarna kuning seperti jeruk, dan labu sangat cocok bagi anak. Anak juga bisa diberikan makanan atau susu formula yang sudah diperkaya dengan suplemen khusus anak. Bila bayi terpaksa harus minum susu sapi, usahakan minum susu sapi yang hipoalergenik (alergen rendah).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement