Selasa 13 Jan 2015 09:57 WIB

Tips Kurangi Risiko Flu

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Damanhuri Zuhri
Sakit Flu Pilek Bersin Bersin (ilustrasi)
Foto: OldApp
Sakit Flu Pilek Bersin Bersin (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Musim hujan seperti saat ini membuat flu begitu sering menyerang. Dr Saul Hymes, Asisten Profesor Pediatri Klunis dan Spesialis Penyakit Infeksi Anak di Rumah Sakit Stony Brook, New York menyarankan Anda mendapatkan vaksinasi flu.

"Ada setidaknya tiga strain flu di luar sana. Anda sebaiknya mendapatkan vaksin," ujar Hymes, dilansir dari Easy Good Health, Selasa (13/1).

Direktur Medis Epidemiologi Kesehatan di Rumah Sakit Stony Brook, Dr Susan Donelan menyarankan jika Anda terkena flu, maka sebaiknya beristirahat di rumah. Anda juga disarankan minum banyak cairan, istirahat, dan mengobati demam dengan acetaminophen atau ibuprofen.

Jika Anda berada di sekitar orang-orang yang terkena flu, maka Anda harus rajin mencuci tangan. Hal ini sebab kapasitas sentuhan dengan permukaan benda-benda di tempat kerja atau sekolah, seperti gagang pintu, telepon, tombol, lift, dan lainnya membuat tangan menjadi perantara flu.

Donelan menambahkan, jika Anda terkena flu, maka jangan buru-buru keluar untuk membeli obat over-the-counter (OTC), namun gunakan tindakan preventif dan obat-obatan alami.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement