Sabtu 10 Jan 2015 18:18 WIB

Penderita Diabetes Disarankan Konsumsi Gula dari Singkong

Panen singkong
Foto: iklanmax
Panen singkong

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fakultas Farmasi dan Sains UHAMKA mengembangkan sejumlah riset terkait kesehatan. Salah satu produk yang siap dipasarkan seperti gula berbahan dasar singkong rendah kalori, madu hitam pahit dan lain-lain.

Gula cair berbahan dasar singkong rendah kalori yang diberi nama 'King Cassava Sweet' disebutkannya cocok untuk penderita diabetes. "Kalau gula biasa yang dari tebu menghasilkan sukrosa, kalau gula dari singkong menghasilkan fruktosa yang tingkat kemanisannya dua kalinya," kata Rektor Uhamka Prof Dr Suyatno.

Pernyataan ini disampaikan Suyatno dalam Seminar "Challenges of Development of Natural Compound as Drug for Infectious and Degenerative Diseases" di Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) di Jakarta, Sabtu (10/1).

Ia menjelaskan jika dalam satu gram gula pasir menghasilkan empat kalori, sementara kalau satu gram gula singkong tiga kalori. "Jadi cocok untuk penderita diabetes," kata Rahmat, seorang mahasiswa yang menjaga stan pameran.

Suyatno mendorong dilakukannya riset herbal di perguruan tinggi yang dipimpinnya, selain riset obat-obatan kimia.

"Selain riset kami juga melakukan kerja sama dengan sejumlah universitas di luar negeri. Bentuknya berupa pertukaran dosen dan mahasiswa di bidang farmasi dan kedokteran atau berupa seminar yang mendatangkan pakar untuk mengungkap hasil-hasil riset herbal di negaranya," katanya.

Pada seminar di bidang riset obat-obatan kali ini, ujar dia, UHAMKA mendatangkan pakar dari Malaysia, Thailand dan Tiongkok. Sehingga para mahasiswa bisa memetakan kondisi riset di negara lain dalam rangka meningkatkan daya saing.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement