Rabu 17 Dec 2014 14:45 WIB

Tiga Kebiasaan Ini Bikin Merokok Terkesan Lebih Menyehatkan

Rokok dan Rokok Elektrik (Ilustrasi)
Foto: Republika/Mardiah
Rokok dan Rokok Elektrik (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Kemungkinan besar, Anda sudah mendengar segalanya tentang bahaya merokok. Dampak negatif rokok seperti meningkatnya risiko kanker, wajah yang cepat berkeriput, sampai gigi yang menguning baru beberapa diantaranya.

Rokok tapi bukan satu-satunya kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan. Percaya atau tidak, seperti dikutip dari laman Shape, Rabu (17/12), ada tiga kebiasaan yang mungkin sangat lazim dilakukan. Tetapi bila dilakukan tanpa waspada, bisa jadi bahaya yang mengintai tidak kalah atau bahkan lebih buruk dari merokok.

Menonton TV

Menghisap rokok mengurangi angka harapan hidup hingga 11 menit, menurut penelitian dari University of Queensland. Tapi, setiap satu jam televisi yang ditonton setelah berusia 25 tahun bisa mengurangi angka harapan hidup hingga 21,8 menit.

Bahaya dari terlalu banyak menonton TV bisa dikaitkan dengan minimnya aktivitas yang dilakukan saat terduduk di sofa dan tidak melakukan apa-apa. Risiko terkena kanker tertentu pun mengintai bila seseorang kurang bergerak, termasuk risiko terkena serangan jantung.

Makan terlalu banyak daging dan produk susu

Dalam studi yang dipublikasi awal tahun ini dalam jurnal Cell Metabolism, diketahui dewasa yang banyak menyantap protein berisiko 74 persen lebih tinggi untuk meninggal karena macam-macam penyakit. Juga empat kali lipat lebih mungkin meninggal karena kanker. Risiko itu bisa dibandingkan atau setara dengan para perokok.

Minum soda

Minum soda secara rutin bisa mengganggu sistem imunitas tubuh hanya dalam waktu dua tahun. Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Public Health mengatakan meminum soda membuat tubuh cepat tua, hampir sama seperti merokok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement