Kamis 04 Dec 2014 06:19 WIB

Ini Dia Penyebab Hidung Tersumbat

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Hidung tersumbat/ilustrasi
Foto: pixabay
Hidung tersumbat/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Hidung yang tersumbat merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi. Meski tergolong ringan, penyakit ini cukup mengganggu. Sebenarnya apa sih penyebab hidung tersumbat?

Dokter spesialis THT dari Rumah Sakit Gandaria, dr Rusdian Utama Roeslani, SpTHT-KL mengatakan gangguan hidung tersumbat dapat. terjadi karena selaput lendir hidung yang membengkak, yang antara lain disebabkan karena rinitis alergi atau flu/selesma (common cold).

Prevalensi flu di Indonesia sebesar 16 sampai 20 persen (data lima tahun terakhir dari beberapa sentra pendidikan di Indonesia). Sedangkan rinitis alergi (data tahun 2011 UNDIP, Semarang) berkisar antara 10 sampai 20 persen.

Keduanya dapat memiliki gejala yang sama yaitu hidung tersumbat. Ia pun menyarankan masyarakat yang mengalami gangguan hidung tersumbat, segera berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab utama dari gangguan tersebut. Sehingga mendapatkan penanganan yang tepat.

"Jika tidak, gangguan hidung tersumbat akan mengganggu aktivitas sehari-hari yang tentunya bisa menurunkan produktivitas," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement