Rabu 26 Nov 2014 11:32 WIB

Begini Cara Menghindari Gigi Berlubang pada Anak

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Mayoritas anak Indonesia berusia di atas 10 tahun menderita gigi berlubang (karies gigi) dan peradangan gusi (gingivitis). (ilustrasi)
Foto: Antara/Irwansyah Putra
Mayoritas anak Indonesia berusia di atas 10 tahun menderita gigi berlubang (karies gigi) dan peradangan gusi (gingivitis). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Gigi berlubang dihadapi oleh hampir semua orang dewasa. Namun, tidak bagi anak-anak.

Sebagian anak-anak giginya masih bersih dan tidak berlubang. Nah,agar tidak berlubang seperti ayah bundanya, bagaimana tips menghindarinya?

‪Dokter gigi Firdiyanti Oktaviani, SpKG dari Klinik gigi Q-Smile Tanjungpinang‬ mengatakan hal pertama yang harus dilakukan untuk menghindari gigi berlubang adalah rajin menggosok gigi. Ia mengatakan, gosok dengan pasta gigi yang mengandung fluoride minimal dua kali sehari. Yaitu pagi hari setelah sarapan pagi dan malam sebelum tidur.

Langkah selanjutnya adalah menghindari atau seminimal mungkin mengkonsumsi makanan atau minuman manis dan bersoda. “Tetapi bila anak mempunyai kebiasaan mengkonsumsi makanan atau minuman manis maka biasakan untuk mengajarkan anak langsung berkumur-kumur air putih untuk untuk melarutkan zat gula yang menempel di gigi,” sarannya kepada ROL, Rabu (26/11).

Berikutnya, lakukan flossing yaitu tindakan pembersihkan plak dan sisa makanan yang menempel pada gigi dengan alat bantu berupa benang gigi maupun sikat interdental. Lakukan flossing pada anak minimal satu kali sehari untuk mengangkat sisa makanan yang terdapat di sela-sela gigi.

Ia juga menyarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. ‬Nah, silakan mencoba tips tadi agar gigi anak Anda terhindar dari lubang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement