Selasa 11 Nov 2014 16:17 WIB

Asupan yang Perlu Dihindari Saat Sakit Gondok (3-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Susu
Foto: dailyslave.com
Susu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gondok adalah penyakit akibat kelebihan kelenjar tiroid atau hipertiroid akibat asupan berlebihan dari yodium dan obat tertentu. Gejala penyakit gondok adalah kecemasan, tremor, detak jantung cepat, sulit tidur, penurunan berat badan, mata melotot, periode sakit tidak teratur, pembesaran kelenjar tiroid di leher. 

Jika Anda memiliki penyakit gondok, maka Anda perlu menghindari 10 makanan berikut, dilansir dari My Health Tips, Selasa (11/11).

8. Minyak sayur terhidrogenasi

Minyak sayur yang terhidrogenasi digunakan dalam banyak makanan komersial. Ini adalah sumber lemak trans dan merusak kolesterol baik, serta memperburuk gejala hipertiroid. Hindair makan kerupuk, kue, donat, margarin, remaj kue, onion ring yang dijual cepat saji.

9. Produk olahan susu

Berbagai jenis makanan memengaruhi orang-orang hipertiroid dengan cara berbeda. Pada bebera penderita hipertiroid, intoleransi laktosa atau ketidakmampuan untuk mencerna susu atau produk susu merangsang timbulnya penyakit ini. Anda sebaiknya menghindari produk olahan susu, seperti susu, keju, es krim, yoghurt.

10. Alkohol

Alkohol bisa menganggu tingkat energi dan memperburuk maslah tidur yang berhubungan dengan hipertiroid. Batasi dan hindari anggur, bir, koktail, dan minuman beralkohol lainnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement