Jumat 07 Nov 2014 16:02 WIB

15 Asupan Super untuk Kesehatan Gigi (3)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Yoghurt - ilustrasi
Yoghurt - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan memiliki peran penting untuk memperkuat gigi dan gusi. Secara umum, makanan yang bersifat asam tidak baik untuk gigi karena melemahkan enamel. Namun, makanan dengan vitamin berbeda dan mengandung mineral membantu membentengi gigi dan gusi lebih kuat. 

ROLers, berikut adalah 15 makanan super untuk gigi, dilansir dari My Health Tips, Jumat (7/11).

7. Yoghurt

Ketika seseorang mengonsumsi yoghurt secara teratur, maka itu akan mendukung kesehatan gigi mereka. Yoghurt baik dikonsumsi dalam versi polos dan dalam bentuk non-fat. Ada tiga manfaat yoghurt.

Pertama, sumber protein yang baik, juga kalsium. Kedua, menurunkan berat badan jika seseorang memiliki mengonsumsi yoghurt rendah lemak dan gula. Ketiga, yoghurt yang dikonsumsi dengan buah segar akan membuat gigi lebih smooth dan Anda juga bisa berdiet sehat pada waktu yang sama.

8. Dark chocholate

Dark chocholate ternyata banyak mengandung kakao dan tanin. Tanin memainkan peran penting dalam mengurangi erosi gigi dan pembusukan. Tanin juga membantu memerangi peradangan gusi.

Kakao mengurangi pertumbuhan plak serta membantu mengurangi produksi asam di mulut. Dark chocholate juga membantu meningkatkan sirkulasi darah di gusi. Dark chocholate juga mengandung antioksidan yang bersifat melawan penyakit. Dengan demikian, kita bisa menikmati dark chocholate setiap hari tanpa rasa bersalah.

9. Jeruk

Jika Anda memilih untuk tetap makan buah asam namun baik untuk gigi maka jeruk adalah pilihannya. Buah ini mengandung vitamin C dan D, serta kalsium. Nutrisi ini membantu mempromosikan kesehatan yang baik pada gigi.

Jus jeruk membantu menghilangkan bakteri berbahaya di mulut dan mencegah kerusakan gigi. Karena sifat asam pada buah ini, maka jeruk bisa dijadikan makanan pencuci mulut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement