Jumat 07 Nov 2014 16:01 WIB

15 Asupan Super untuk Kesehatan Gigi (2)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Susu
Foto: dailyslave.com
Susu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan memiliki peran penting untuk memperkuat gigi dan gusi. Secara umum, makanan yang bersifat asam tidak baik untuk gigi karena melemahkan enamel. Namun, makanan dengan vitamin berbeda dan mengandung mineral membantu membentengi gigi dan gusi lebih kuat. 

ROLers, berikut adalah 15 makanan super untuk gigi, dilansir dari My Health Tips, Jumat (7/11).

4. Susu

Susu mirip dengan keju yang kaya vitamin D serta fosfat dan kalium. Manfaatnya adalah membantu gigi dan tulang gigi menjadi lebih kuat. Kedua, minum susu secara teratur akan menambah proses perbaikan enamel gigi. Ketiga, jika Anda alergi terhadap susu sapi atau kambing, maka minumlah susu kedelai. Keempat, susu skim juga diperkaya nutrisi yang diperlukan untuk Anda yang diet namun sembari memperkuat gigi.

5. Teh

Teh hijau dan teh hitam bermanfaat besar bagi kesehatan gigi, sebab mengandung polifenol yang mencegah pertumbuhan bakteri penyebab plak. Senyawa di dalam teh akan membunuh bakteri, sehingga serangan mereka terhadap gigi bisa teratasi.

Bahkan, untuk mencegah pembentukan lubang gigi, maka minumlah teh hijau atau teh hitam yang dinilai sangat ideal. Jika seseorang minum satu atau dua cangkir teh secara teratur sehari, mereka bisa menambahkan madu sebagai penggantu gula dalam teh mereka. 

6. Kacang-kacangan

Kacang menawarkan berbagai macam vitamin dan mineral yang memperkuat gigi dan gusi. Manfaat pertama kacang adalah kaya vitamin D dan kasium. Kedua, almond diketahui mengandung kalsium yang tinggi. Ketiga, kacang mete membantu memproduksi air liur dalam mulut. Keempat, kenari memiliki sejumlah serat yang kaya zat besi, magnesium, asam folat, vitamin B6 dan E, seng, dan kalium yang besar untuk kesehatan gigi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement