Sabtu 25 Oct 2014 13:30 WIB

Wanita Hamil Sering Flu, Kok Bisa?

Ibu hamil.
Foto: Republika/Prayogi
Ibu hamil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ibu hamil sebenarnya memiliki respons imun yang luar biasa kuat terhadap flu. Studi terbaru namun menunjukkan mengapa wanita hamil lebih sering flu ketimbang wanita dewasa lainnya.

Alasannya karena sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil merespon virus. Temuan tak terduga ini karena umumnya banyak yang percaya bahwa kehamilan melemahkan sistem kekebalan tubuh agar tidak menyerang janin yang sedang tumbuh.

"Kami sekarang mengerti bahwa influenza berat pada kehamilan itu lebih pada penyakit hyperinflammatory ketimbang immunodeficiency," ujar Asisten Profesor Penyakit Menular di Stanford University School of Medicine, Catherine Blish dilansir dari Easy Good Health.

Peneliti memeriksa sel-sel kekebalan yang diambil dari 21 wanita hamil dan 29 wanita sehat yang tidak hamil. Sel-sel yang diambil berupa sampel darah perempuan sebelum dan tujuh hari setelah mereka menerima vaksinasi flu. Peneliti juga menguji sel-sel yang diambil dari wanita hamil enam pekan setelah bayi mereka lahir.

Di laboratorium, sel-sel perempuan itu terkena dua virus flu, strain H1N1 yang menyebabkan pandemi 2009 dan strain flu musiman, yang dikenal sebagai H3N2. Peneliti menemukan bahwa kehamilan meningkatkan respons kekebalan dari dua jenis sel darah putih untuk kedua strain flu. Sel-sel ini menghasilkan lebih banyak sitokinin dan kemokin yang merupakan molekul yang membantu sel imun lain untuk menimbulkan infeksi virus.

"Jika kadar kemokin terlalu tinggi, maka ini membawa terlalu banyak sel kebal. Kondisi ini buruk karena paru-paru Anda membutuhkan ruang untuk udara," ujar Blish.

Meskipun wanita hamil dengan flu biasaya diobati dengan obat untuk memperlambat replikasi virus dalam tubuh mereka, peneliti menyarankan temuan mereka bisa mengarahkan pengobatan untuk wanita. Peneliti mengingatkan wanita tentang pentingnya mendapatkan vaksinasi flu tahunan.

Vaksinasi flu sangat penting untuk menghindari respons inflamasi. Sayangnya, hanya 50 persen wanita hamil yang mau divaksinasi untuk influenza.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement