Sabtu 25 Oct 2014 13:00 WIB

Ini Kenapa Kulit Habis Ditindik Harus Diperhatikan Betul

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
.
Foto: howcast
.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda pernah menindik telinga, maka Anda perlu mengambil langkah untuk menjaga kebersihannya. Dokter kulit di Hoover, Elizabeth Martin mengatakan dalam Academy of Dermatology bahwa sangat penting untuk menjaga kebersihan kulit bekas luka yang rentan infeksi.

"Untuk meminimalkan risiko, selalu pergi ke penindik profesional jika ingin menindik telinga, menggunakan anting hypoallergenic dan menjaga telinga Anda tetap bersih," ujar Martin, dilansir dari Easy Good Health.

Martin menyarankan seseorang untuk selalu mencuci tangan sebelum menyentuh telinganya yang baru ditindik. Mereka juga diharuskan mencuci telinga dengan sabun dan air bersih setidaknya sekali sehari.

Anda yang menindik telinga juga disarankan menggunakan bola kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol, kemudian dengan lembut membersihkan kulit di sekitar bekas tindikan setidaknya dua kali sehari. Ini akan menghindari berkumpulnya kuman di sana. Menaruh lapisan tipis petroleum jelly di sekitar tindikan juga bisa bermanfaat.

"Setelah menindik telinga Anda, maka jaga kebersihannya. Jika kulit telinga menjadi lembek, merah, atau keluar cairan kekuningan, maka Anda harus berhati-hati dan segera menemui dokter kulit. Kemungkinan besar Anda mengalami infeksi parah," ujar Martin.

Tindik telinga mungkin tidak cocok untuk beberapa orang, khususnya mereka yang memiliki riwayat pribadi atau keluarga dengan kulit sensitif, bekas luka keloid, dan cedera kulit lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement