Selasa 21 Oct 2014 10:00 WIB

Jangan Mau Dibohongi Aturan Diet Berikut (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Tak ada aturan khusus tentang minum air saat berdiet, pastikan takarannya mencukupi dan sesuai dengan aktivitas Anda.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Tak ada aturan khusus tentang minum air saat berdiet, pastikan takarannya mencukupi dan sesuai dengan aktivitas Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak wanita mempertaruhkan jutaan rupiah untuk mendapatkan informasi tentang gizi dan diet sehat. Beberapa aturan kesehatan pun diterapkan, padahal banyak yang sesungguhnya salah. Berikut adalah tujuh mitos diet keliru yang sebaiknya Anda hindari untuk tujuan gaya hidup sehat Anda, dilansir dari the Fashion Spot, Selasa (21/10).

1. Jangan makan setelah pukul 18.00

Hal terbaik yang perlu Anda lakukan adalah belajar untuk mendengar keinginan tubuh Anda ketika dia benar-benar lapar. Tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa makan malam sebelum pukul 18.00 hingga pukul 20.00 akan memberi efek berbeda dalam mengurangi berat badan.

Pertimbangan yang seharusnya Anda lakukan adalah memerhatikan jam tidur dan jam bangun tidur Anda, kemudian apakah Anda sempat berolah raga dan sarapan? Ini merupakan faktor kunci sesungguhnya dalam mengelola berat badan.

2. Minum air dengan takaran khusus

Tidak ada jumlah liter tertentu yang harus dikonsumsi demi mengurangi berat badan. Justru Anda harus mengonsumsi buah dan sayuran cukup dan konsisten meminum air putih. Bukannya minuman lain, seperti jus buah botolan atau soda.

Jumlah air yang Anda minum pun biasanya sesuai dengan iklim di tempat Anda tinggal, kemudian seberapa banyak Anda bergerak. Logikanya, jika banyak beraktivitas, maka Anda perlu minum air lebih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

3. Semua lemak itu buruk

Meskipun Anda ingin menjaga tingkat kolesterol Anda, tubuh yang sehat membutuhkan lemak untuk menghasilkan energi. Anda memang perlu menghindari lemak trans, namun sebaliknya Anda perlu mengonsumsi lemak dari kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, dan ikan yang menjadi sumber lemak sehat. Beberapa ahli gizi mendorong pasiennya untuk mengonsumsi lemak sehat demi jantung sehat.

4. Makan sesuai golongan darah

Banyak buku yang ditulis tentang topik ini bahwa Anda perlu diet makanan sesuai dengan golongan darah Anda. Misalnya, golongan O perlu mengurangi susu dan memperbanyak kacang-kacangan. Tidak ada validitas untuk diet berdasarkan sistem golongan darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement