Selasa 09 Sep 2014 00:38 WIB

Mau Perkuat Daya Ingat, Ini Caranya

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi otak manusia.
Foto: Indianexpress.com
Ilustrasi otak manusia.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Makanan, kapasitas olah raga, dan lamanya jam tidur teratur adalah tiga hal utama yang akan memengaruhi daya ingat atau memori otak Anda. Jika satu dari tiga hal tersebut tidak seimbang, maka dengan cepat Anda akan menjadi seorang pelupa. Berikut adalah tiga hal yang bisa Anda coba untuk meningkatkan memori otak Anda, dilansir dari Health.com, Senin (8/9).

1.  Aerobik

Orang dewasa menjelang tua disarankan rajin melakukan latihan aerobik secara teratur, setidaknya tiga jam sepekan. Ini akan meningkatkan aliran darah ke otak yang bisa mencegah penurunan fungsi otak. Hal ini berdasarkan penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan Masyarakat Radiologi Amerika Utara.

2. Tidur lebih awal

Para peneliti dari University of Chicago menemukan bahwa tidur lebih awal dimalam hari, setelah belajar atau bekerja akan membantu Anda mengingat persis bagaimana Anda menyelesaikan satu tugas atau pekerjaan tertentu. Ini juga cara efektif untuk mempertahankan daya ingat atau memori otak Anda.

3. Makan banyak kembang kol

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa suplemen citicoline dapat membantu meningkatkan energi dan efisiensi dalam frontal lobe di otak Anda. Ini adalah area di otak yang bertanggung jawab untuk mengambil keputusan, penalaran, dan memori kerja.

Anda bisa mendapatkan banyak asupan citicoline dengan cara rajin makan kembang kol. Jenis lainnya adalah kedelai, kuning telur, ikan, dan kacang tanah yang merupakan sumber dari nutrisi kolin dan vitamin B. Makanan-makanan ini diserap melalui usus dan diubah menjadi citicoline di otak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement