Senin 07 Apr 2014 14:49 WIB

15 Fobia Paling Umum Dialami Manusia (3-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hampir setiap orang memiliki semacam ketakutan, dan beberapa dia antaranya adalah ketakutan yang berbeda dari lainnya. Ini dikenal dengan istilah fobia. 

Berikut adalah 15 fobia umum yang paling banyak ditakuti oleh orang, dilansir dari Symptomfind, Senin (7/4).

11. Nyctophobia

Fobia yang satu ini adalah takut gelap. Ketakutan ini dipicu pada persepsi otak tentang apa yang bisa terjadi dalam gelap. Hal ini paling sering terlihat pada anak-anak, namun orang dewasa juga masih ada yang mengalaminya.

12. Trypanophobia

Fobia ini membuat seseorang takut pada jarum. Ini adalah fobia yang belum jelas apakah karena warisan dari orang tuanya atau memang takut jarum dengan sendirinya. Orang yang menderita ketakutan ini membuatnya menghindari segala bentuk perawatan medis hanya demi menghindari jarum.

13. Agoraphobia

Ini adalah fobia yang membuat seseorang takut keramaian. Ini membuat dia merasa takut jika berada di luar rumahnya sendiri. Ini terkait dengan fobia sosial, dan tidak seperti ketakutan lainnya, ketakutan ini membuat seseorang selalu merasa cemas dan membutuhkan obat untuk tetap hidup normal.

14. Pteromerhanophobia

Ini adalah takut terbang. Ada beberapa penyebab ketakutan ini, di antaranya takut jika pesawat kehilangan kontrol atau takut jika pesawat mengalami tabrakan. 

Ketakutan ini bisa menganggu kelanjutan kariernya dan hubungan keluarga karena perjalanannya dibatasi.

15. Mysophobia

Ini adalah takut pada kuman. Fobia ini terkait dengan gangguan obsesif kompulsif yang membuat seseorang banyak melakukan kegiatan berulang, seperti mencuci tangan. Orang yang menderita penyakit ini membuatnya membatasi diri kontak langsung dengan masyarakat karena takut terkontaminasi kuman. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement