Kamis 06 Feb 2014 16:36 WIB

10 Cara Sederhana Merawat Rambut Keriting (1)

Rambut Keriting
Foto: istal.com
Rambut Keriting

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebanyakan orang berfantasi memiliki rambut yang berbeda. Orang berambut lurus bermimpi punya rambut keriting. Orang berambut keriting bermimpi punya rambut lurus. Namun, kebanyakan adalah orang rambut keriting yang memimpikan punya rambut lurus.

Rambut keriting sulit untuk ditangani, terutama jika berbulan-bulan Anda melalui musim panas. Tahukah Anda? Rambut keriting itu sebetulnya bisa dirawat dengan mudah lewat cara-cara berikut, dilansir dari Symptomfind, Jumat (31/1).

1. Jangan pakai sampo setiap hari

Jika Anda mencuci rambut setiap hari, Anda akan mengurangi kandungan minyak alami dari rambut keriting Anda. Itu akan membuat rambut Anda kering, rapuh dan semakin keriting. Sebaliknya, cobalah mencuci rambut Anda sekali dalam tiga hari untuk menjaga rambut Anda tetap lembab.

Ketika Anda mencuci rambut, gunakan sampo dan kondisioner yang sengaja dirancang khusus untuk rambut keriting dan jangan takut untuk menggunakannya dalam jumlah banyak.

Jauhi sampo yang berkhasiat untuk menebalkan rambut karena sampo ini dirancang untuk membesarkan batang rambut dan membuat rambut keriting tampak lebih buruk. Cuci rambut Anda dengan air hangat, bukan air panas karena dapat mengeringkan rambut.

2. Jangan keringkan rambut dengan handuk

Mengeringkan rambut keriting dengan handuk bisa menyebabkan kutikula rambut tetap berdiri, sehingga bisa mematahkan dan merusak rambut Anda menjadi semakin keriting.

Jika bisa, biarkan rambut keriting Anda kering secara normal atau gunakan handuk microfiber. Jika Anda tak memilikinya maka Anda bisa menggunakan handuk kertas.

3. Gunakan pengering  rambut dengan ion

Jika Anda ingin mengeringkan rambut dengan hair dryer alias pengering rambut, maka sebaiknya gunakan yang mengandung ion.

4. Gunakan sisir bulu babi

Anda tahu bulu babi? Sejenis hewan laut yang menyebabkan gatal dan perih jika menyentuh kaki atau bagian tubuh Anda ketika berenang di laut. Ternyata, bulu babi jika dijadikan sikat akan sangat berguna bagi mereka yang berambut kriting. Sisir bulu babi ini akan membantu proses penyisiran bagi rambut kriting.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement