Senin 13 May 2013 15:27 WIB

Ingin Tahu Diabetes? Ikuti Kongres Berikut Ini

Rep: Agung Sasongko / Red: Citra Listya Rini
Diabetes
Diabetes

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keliru bila ada anggapan hanya kaum pria yang memiliki risiko tinggi diabetes. Risiko yang sama juga mengancam kaum perempuan. 

Data Riskesdas tahun 2007 mencatat diabetes merupakan penyebab kematian pertama di kalangan perempuan dengan persentase 16.3 persen. Besarnya persentase ini akan menjadi pembahasan khusus para ahli endokrinologi di ASEAN dalam pertemuan ASEAN Federation of Endocrine Society  ke-17 di Jakarta.

Menurut rencana, kongres AFES ke-17 ini akan diselenggarakan di Ritz-Carlton Hotel, Mega Kuningan, Jakarta, dari tanggal 13 November sampai dengan 16 November 2013. 

Dr.dr. Imam Subekti, SpPD,KEMD Kepala Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan sekitar 1000 peserta dari negara-negara ASEAN dan lainnya akan mengikuti acara ini. Selain itu, akan hadir pula ahli dari negara-negara non ASEAN. 

"Nantinya materi yang akan dibahas lebih difokuskan soal Diabetes Mellitus. Diabetes perlu didalami lantaran penyakit ini merupakan masalah yang paling pesat perkembangannya di wilayah ASEAN," kata dia di Jakarta, Senin (13/5).

Menurut Imam, nantinya pertemuan AFES itu tak hanya sekadar take and care di bidang penyakit dalam se-ASEAN seperti diabetes, namun juga menambah kualitas para dokter dan kualitas hidup diabetes.

"Pertemuan AFES yang ke-17 ini juga melatih tenaga-tenaga dokter dan dokter spesialis penyakit dalam untuk meningkatkan kualitas pelayanannya pada pasien diabetes," ujar dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement