Rabu 13 Feb 2013 14:36 WIB

Kusta Dapat Dicegah dan Diobati

Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi
Foto: Antara
Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi menegaskan bahwa penyakit kusta dapat diobati secara sempurna hingga sembuh dan dicegah dengan cara sederhana yaitu dengan menerapkan perilaku hidup bersih sehat (PHBS).

"Kusta bukan lagi penyakit misterius. Ini penyakit menular yang bisa dicegah dan diobati. Sebenarnya kita bisa mencegah hanya dengan berperilaku hidup bersih dan sehat," ujar Menkes usai Pembukaan Workshop Pemberdayaan Orang Yang Pernah Mengalami Kusta (OYPMK) dan Peresmian Gedung Pelayanan Poliklinik Kusta Terpadu dalam rangka Peringatan Hari Kusta Sedunia ke-60, di Rumah Sakit Kusta Dr. Sitanala, Tangerang, Rabu (13/2).

Indonesia telah mencapai status eliminasi kusta sejak 2000 yaitu dengan memiliki penderita kurang dari 1 per 10.000 penduduk.

Meskipun telah eliminasi, tiap tahunnya Indonesia masih melaporkan 14.000-20.000 penderita baru tanpa ada penurunan signifikan.

Pada tahun 2011, Kementerian Kesehatan mencatat penemuan kasus baru kusta sebanyak 20.023 kasus atau 8,3 per 100.000 penduduk.

"Secara nasional dianggap tidak parah, kurang dari 1 per 10.000 penduduk. Tapi untuk kita, kita nggak ngomong angka. Ini manusia, 20 ribu itu banyak," kata Menkes.

Ke depannya, Nafsiah mengatakan Kementerian mengutamakan tindakan promotif-preventif untuk penanggulangan kusta tersebut. Selain itu, Menkes juga berharap agar deteksi dini juga semakin gencar dilakukan untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah kecacatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement